Minggu, 21 Agustus 2016

Cara Mengatasi Rasa Takut, Rasa Tidak Layak, dan Rasa Trauma dengan Masa lalu

Bicara tentang Rasa takut, memang tidak selamanya bersifat negatif, terkadang rasa takut yang positif itu juga ada, sering diartikan sebagai dengan rasa Segan, Hormat, dan menghargai. Tapi guys kali ini saya akan bahas dari sisi Negatifnya ya, karena pada realitanya banyak orang yang masih memiliki ketakutan yang mungkin sangat tidak masuk akal. Artikel ini dibuat berdasarkan artikel sebelumnya yang membahas “BagaimanaMemiliki Kepercayaan Diri”. Merujuk dari hal ini akhirnya saya ingin berbagi tips-tips sederhana mengatasi rasa takut, yang terkadang rasa takut itu hanya ilusi otak belaka.

Kita mulai dengan membahas sedikit definisi rasa takut ya teman-teman, banyak sekali definisi-definisi yang membahas tentang Rasa Takut, tapi untuk kali ini saya coba pilihkan definisi sederhana untuk membantu teman-teman. Rasa Takut adalah rasa dimana keadaan kita merasa sedang terancam, baik karena ada bahaya, atau karena trauma pada kejadian sebelumnya.

Rasa Takut datang biasa berawal dari kalimat “Bagaimana – Jika…..”.
Contohnya,  kalau Kamu sedang ingin Berkenalan dengan orang Baru?  Maka kepala kamu secara tidak langsung akan mengatakan :
·         
      Bagaimana Jika Saya ditolak?
·         Bagaimana Jika saya dicuekin?
·         Bagaimana Jika saya dikatakan SKSD?
·         Bagaimana Jika saya dianggap Modus??
·         Dan lain-lain.

Proses dalam otak ini jika tidak dihentikan, justru  akan membuat kamu memiliki ketakutan yang tidak jelas, dan akhirnya membuat kamu hanya DIAM tanpa melakukan satu hal apapun.

Maka itu ada beberapa cara untuk menghentikan Proses yang terjadi dalam pikiran kamu, salah satu caranya adalah dengan menanyakan 3 hal dalam diri kamu? 
  1. Resiko terberat apakah yang akan terjadi dengan saya?
  2. Sanggupkah saya menanggung resikonya?
  3. Solusi apa yang akan saya lakukan untuk menanggung Resikonya?

Dengan membuat tiga hal itu kamu akan terbiasa untuk berpikir lebih jernih, dan rasa ketakutan kamu akan berganti dengan kepercayaan diri.

Contohnya.
Kamu ingin berkenalan dengan orang baru?

Resiko ?? Ditolak dan dibilang aneh 
Bisa ditanggung?? Bisa
Solusi ?? Cari kenalan baru lagi

Resiko?? Dianggap Modus
Bisa Ditanggung?? Bisa  
Solusi?? Bisa cari lagi, atau katakan sejujurnya 


Mungkin itu contoh sederhana ya, akan lebih baik kalau kamu share masalah kamu ke comment dibawah artikel ini, saya bantu semampu saya.

Ok pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana jika Resikonya terlalu besar? Jika memang alasannya tidak terlalu besar, Ambillah secuil resiko yang dapat kamu lakukan saat itu juga. 

Sederhana kan??

Dengan kita mengambil sebuah Resiko Terburuk akan tindakan yang kita pilih, secara tidak langsung akan membuat kita jauh lebih Percaya Diri daripada kamu cuma Diam saja. Mungkin kita tidak akan 100% BERHASIL akan tindakan yang kita ambil, tapi percayalah kita akan GAGAL  100% kalau kita tidak mencobanya. 

Ingatlah bahwa itu semua hanya Ilusi Otak Belaka

Saya ulangi

Hanya ILUSI OTAK BELAKA


itukan kalau hal-halnya sepele?? Kalau hal yang lebih kompleks bagaimana??”

masih tidak percaya diri juga?

Ok, sekarang daripada kamu menggunakan fikiranmu yang negatif saja, kita coba gunakan ilusi otak.
Kalau misalkan kita diawal menggunakan kalimat “bagaimana jika saya gagal?, bagaimana jika saya dicuekin?, bagaimana jika saya dianggap modus?”

Sekarang gantilah dengan kalimat “Bagaimana jika saya berhasil?? Tentu saya pasti dapat pengalaman baru, teman baru, keluarga baru, dsb”.

Dengan permainan ilusi yang positif kita akan jauh lebih baik daripada berfikir yang negatif, Ingat kuncinya hanya satu kawan.

JUST DO IT. 

Ok guys, sekarang sudah paham kan, cara sederhana mengatasi rasa takut, nah artikel selanjutnya kita akan bahas bagaimana mengatasi rasa tidak layak dan trauma dengan masa lalu. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Mengatasi Rasa Takut, Rasa Tidak Layak, dan Rasa Trauma dengan Masa lalu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Subscribe Email kamu untuk dapat info artikel Terbaru.